Sabtu, 28 Maret 2015

Laporan Hasil Baca Buku "Kritik dan Humor dalam Layanan Publik"



LAPORAN HASIL BACA BUKU
PELAJARAN IV
KRITIK DAN HUMOR DALAM LAYANAN PUBLIK

Judul Buku
Demi Uang
Nama
Nurul Ailia
Kelas & NIS
X AK 2 & 12407
Tanggal
24 Februari 2015


Apa yang telah dipelajari dari tugas membaca buku?
Dari tugas membaca buku ini bisa menambah ilmu, wawasan dan pengetahuan serta menjadi peringatan bagi kita supaya tidak melakukan korupsi. Saya bisa belajar mengenai anekdot, yaitu anekdot yang berisi tentang layanan publik terutama KPK. Anekdot tersebut bertujuan untuk menyindir para koruptor supaya mereka sadar akan kesalahannya dan mereka tidak akan melakukan korupsi lagi. Anekdot tersebut juga bertujuan supaya para anggota KPK lebih segan untuk menangani para koruptor, bersikap tegas terhadap mereka, memberikan hukuman yang berat serta berupaya memberantas korupsi. Selain itu saya juga lebih mengerti contoh anekdot yang baik dan benar.
Apa yang banyak dipelajari dari buku yang telah dibaca?
Dari buku yang telah dibaca, saya banyak belajar tentang anekdot, bagaimana contoh anekdot yang  baik dan benar. Saya juga belajar menjadi orang yang bijak dengan tidak melakukan korupsi, berperilaku sosial, dan berperikemanusiaan. Caranya dengan mengedepankan keutamaan moral yang ditimba dari agama dan budaya. Kita juga harus mengajak seluruh golongan supaya nilai-nilai agama dan budaya menjadi landasan dalam pengambilan kebijakan publik. Selain menggunakan nilai-nilai tersebut sebagai landasan untuk pengambilan kebijakan publik, hukum juga tetap digunakan karena Indonesia adalah negara hukum dimana semuanya harus diselesaikan berdasarkan hukum. Kita harus mengembalikan nilai-nilai ketimuran kita. Kita harus menumpas materialisme, karena materialisme meupakan budaya barat. Materialisme menganggap uang segala-galanya sehingga dapat mendorong seseorang untuk berbuat korupsi. Jika kita menjadi anggota KPK kita harus bersemangat menghapus dan melenyapkan korupsi dari bangsa kita supaya bangsa kita menjadi bangsa yang lebih baik. Bertindak tegas terhadap para koruptor dan memberikan hukuman yang  berat, sehingga para koruptor akan merasa jera dengan hukumannya, dan tidak ada lagi orang yang ingin melakukan korupsi.  
Apa yang tidak disukai dari buku yang telah dibaca?
Yang tidak disukai dari buku yang telah saya baca, dari segi fisiknya: tiap lembar dari buku tersebut polos, tidak ada gambarnya, tidak berwarna, dan kurang menarik. Sehingga bagi orang yang membacanya akan merasa bosan. Dari segi isinya: di dalam buku ini banyak terdapat kalimat yang sulit dipahami dan banyak kata-kata yang menurut saya termasuk kata-kata yang kasar.
Mengapa memilih pembacaan buku ini sebagai salah satu materi dalam portofolio?
Saya memilih buku ini sebagai salah satu materi dalam portofolio karena buku ini sesuai dengan tema yang ditentukan. Buku ini memuat berbagai pengetahuan yang dapat menambah ilmu dan wawasan bagi para pembacanya. Selain itu, buku ini juga memberi pesan kepada para pembacanya supaya tidak melakukan korupsi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar